Senin, 24 Januari 2011

Perubahan Iklim Di Perkirakan Sampai Tahun 3000 Mendatang

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dampak meningkatnya tingkat CO2 di atmosfer Bumi akan menimbulkan efek tak terbendung terhadap iklim setidaknya 1000 tahun ke depan, menyebabkan peneliti memprediksi runtuhnya lapisan es Antartika Barat pada tahun 3000, dan kenaikan laut global meningkat setidaknya setinggi empat meter.


Penelitian ini, yang akan dipublikasikan online dalam jurnal Nature Geoscience, 9 Januari, merupakan simulasi penuh model iklim pertama untuk membuat prediksi ke 1000 tahun dari sekarang. Hal ini didasarkan pada kasus terbaik,  skenario ‘nol-emisi’ dibangun oleh tim peneliti dari Canadian Centre for Climate Modelling and Analysis (laboratorium penelitian Lingkungan Kanada di Universitas Victoria) dan Universitas Calgary.


“Kami menciptakan skenario ‘bagaimana seandainya’,” kata Dr Shawn Marshall, Ketua Riset Kanada untuk Perubahan Iklim dan profesor geografi Universitas Calgary. “Bagaimana seandainya kita benar-benar berhenti menggunakan bahan bakar fosil dan tidak menaruh lebih banyak CO2 di atmosfer? Berapa lama hal itu kemudian membalikkan tren perubahan iklim saat ini dan akankah hal-hal yang menjadi lebih buruk terjadi terlebih dahulu?” Tim peneliti mengeksplorasi skenario nol-emisi mulai pada tahun 2010 dan pada tahun 2100.


Tarif untuk Belahan Utara lebih baik dibandingkan bagian selatan pada simulasi komputer, dengan pola pembalikan perubahan iklim dalam waktu 1000 tahun di beberapa tempat seperti Kanada. Pada waktu yang sama bagian Afrika Utara mengalami penggurunan sebagaimana tanahnya mengering hingga 30 persen, dan pemanasan lautan hingga 5°C yang meliputi Antartika kemungkinan akan memicu runtuhnya luas lapisan es Antartika Barat, sebuah kawasan seluas padang rumput Kanada.


Para peneliti berhipotesis bahwa salah satu alasan variabilitas antara Utara dan Selatan adalah gerakan lambat air laut dari Atlantik Utara ke Atlantik Selatan. “Laut global dan bagian-bagian belahan bumi selatan memiliki lebih banyak inersia, perubahan yang terjadi menjadi lebih lambat,” kata Marshall. “Inersia di pertengahan dan di kedalaman laut yang mengalir ke Atlantik Selatan mengindikasikan bahwa lautan itu baru sekarang mulai hangat sebagai hasil emisi CO2 dari abad terakhir. Simulasi menunjukkan bahwa pemanasan akan terus berlanjut, bukannya berhenti atau berbalik pada skala waktu 1000-tahun.”


Arus angin di belahan bumi selatan mungkin juga terkena dampak. Marshall mengatakan bahwa angin di bagian selatan global cenderung menguat dan tetap kuat tanpa adanya pembalikan. “Hal ini meningkatkan pencampuran di dalam laut, membawa lebih banyak panas dari atmosfer dan memanaskan lautan.”


Peneliti selanjutnya akan mulai menyelidiki lebih mendalam dampak suhu atmosfer pada suhu lautan untuk membantu menentukan tingkat berapa Antartika Barat dapat menjadi tidak stabil dan berapa lama yang diperlukan untuk sepenuhnya runtuh ke dalam air.
[faktailmiah]

Terkait

Description: Perubahan Iklim Di Perkirakan Sampai Tahun 3000 Mendatang Rating: 4.5 Reviewer: Sinta Ayu ItemReviewed: Perubahan Iklim Di Perkirakan Sampai Tahun 3000 Mendatang
Al
Mbah Qopet Updated at: 01.08