Sabtu, 26 Maret 2011

Cara Mengecek Dan Mengatasi Bau Mulut

Yang namanya bau mulut memang sangat mengganggu, terutama bagi orang lain lawan bicara. Masalahnya, bagi si ‘pemilik’ bau mulut, tidak mudah untuk mendeteksi kalau mulutnya itu bau.


Sebabnya adalah, otak manusia akan menyesuaikan diri dengan bau tubuhnya sendiri. Sebelum kena malu ditegur orang lain karena bau tak sedap itu, sebaiknya kita mendiagnosa diri kita sendiri apakah kita punya masalah dengan mulut.


Nah, berikut ini adalah sedikit tips mengetahui bau mulut.


* Cek warna lidah. Warna lidah yang merah jambu dan berkilat menunjukkan nafas yang sehat. Sedangkan  lidah berwarna putih dan bersisik menunjukkan nafas yang bau.


* Sering kali orang mencium bau mulutnya sendiri dengan cara mengatupkan kedua tangan di depan mulut, lalu mencium bau yang keluar dari mulut. Namun, ternyata itu bukan cara yang tepat. Dokter Harold Katz seperti dikutip majalah Time menyarankan agar kita menjilat punggung tangan, lalu diamkan beberapa menit hingga kering, lalu cium baunya.


Setelah kita sudah mengetahui kalau ternyata mulut kita memang bau, berikutnya kita dapat melakukan beberapa cara mengatasi bau mulut.


* Paling penting adalah jangan sampai mulut kita kering, karena mulut kering menjadi tempat subur bagi bakteri. Air liur mengandung oksigen yang bisa menjadi senjata ampuh pembunuh bakteri. Bakteri tidak bisa hidup dengan adanya oksigen. Jadi banyak minum atau mengunyah permen bisa memicu produksi air liur dan menghilangkan bau mulut.


* Makan permen atau menggunakan cairan pencuci mulut sebenarnya bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Namun, cara itu tidak bisa bertahan lama. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Beberapa jenis makanan bisa memicu bau mulut, sebaiknya hindari jenis makanan yang bisa memicu bau mulut seperti bawang putih, bawang merah, makanan berkari, dan ikan. 


Sedangkan minuman yang sebaiknya dihindari adalah bir, wine, kopi, dan soda. Semua jenis makanan dan minuman itu mengandung bau tak sedap yang bisa diserap ke aliran darah. Coklat dan permen manis juga perlu dihindari, karena gula mendorong bakteri tumbuh di dalam mulut. Selain itu yang pasti, rokok tentunya juga wajib dihindari.


* Ada makanan yang bisa membantu ‘menyembuhkan’ makanan. Antara lain teh hijau karena memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menghilangkan bau. Selain itu, kayu manis juga ampuh karena mengandung minyak essensial yang bisa membunuh berbagai jenis bakteri oral. Buah dan sayur kering seperti seledri atau apel juga bisa menjadi pilihan makanan yang bisa hilangkan bau mulut, yaitu dengan cara mengunyah makanan itu.




Terkait

Description: Cara Mengecek Dan Mengatasi Bau Mulut Rating: 4.5 Reviewer: Sinta Ayu ItemReviewed: Cara Mengecek Dan Mengatasi Bau Mulut
Al
Mbah Qopet Updated at: 20.28